Senin, 26 Januari 2015

Jangan Ada Diskriminasi Pelayanan Kesehatan


PELAYANAN di Rumah Sakit Umum, memang sering mendapat keluhan dari masyarakat. Tak terkecuali dengan pelayanan kesehatan di RSUD Kuala Pembuang. Wakil Bupati Seruyan Yulhairdir pun, mengingatkan kepada seluruh petugas kesehatan di lingkungan RSUD yang berlokasi do Jl Ahmad Yani Kuala Pembuang tersebut.
Ketika melakukan Sidak, Yulhaidir memantau langsung manajemen serta pelayanan kepada para pasien. Orang nomor dua di Kabupaten Seruyan itu memberikan peringatan tehas kepada para petugas kesehatan agar lebih mengutamakan pelayanan terlebih dahulu.
"Untuk urusan administrasi bisa diurus belakangan. Yang penting pelayanan harus didahulukan. Karena ini menyangkut kesehatan bahkan nyawa seseorang."
Dia mengingatkan, jika petugas kesehatan di mana pun mereka berada, yang harus diperhatikan adalah terkait pelayan terhadap masyarakat. Menurutnya, seperti apa mereka menafsirkan atau memahami tentang arti kata pelayanan, maka hal tersebut akan terlihat dari tindakkan mereka ketika melakukan pelayan.  Meski pelayanan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat, namun lanjutnya tetap harus sesuai prosedur atau SOP.
"Ramah dan sopan santun harus dijaga ketika melayani pasien. Jangan sampai memberikan kesan yang tidak mengenakan kepada para pasien atau masyarakat yang berobat. Karena ini (RSUD) merupakan fasilitas untuk melayani masyarakat.
Salah satu bentuk sopan santun dan keramahan kepada pasien, ujarnya memang cukup sederhana. Salah satunya dengan memberikan senyuman kepada pasien agar mereka merasa nyaman. "Jangan memberi raut muka masam. . Jangan ada yang berlagak seperti bos," tandasnya.

Pemkab Seruyan memang berkomitmen untuk mengingkatkan pelayanan di RSUD Kuala Pembuang. yakni denga turut membantu peningkatan mutu rumah sakit. Tentunya, pihak rumah sakit pun juga harus memperhatikan tentang ketersediaan obat-obatan. "Karena Untuk anggaran obat pun sudah besar. Jadi tidak alasan lagi untuk kekurangan obat," pungkasnya.

Tidak ada komentar: