PELAYANAN di Rumah Sakit Umum,
memang sering mendapat keluhan dari masyarakat. Tak terkecuali dengan pelayanan
kesehatan di RSUD Kuala Pembuang. Wakil Bupati Seruyan Yulhairdir pun,
mengingatkan kepada seluruh petugas kesehatan di lingkungan RSUD yang berlokasi
do Jl Ahmad Yani Kuala Pembuang tersebut.
Ketika melakukan Sidak, Yulhaidir memantau langsung
manajemen serta pelayanan kepada para pasien. Orang nomor dua di Kabupaten
Seruyan itu memberikan peringatan tehas kepada para petugas kesehatan agar
lebih mengutamakan pelayanan terlebih dahulu.
"Untuk urusan administrasi bisa diurus belakangan.
Yang penting pelayanan harus didahulukan. Karena ini menyangkut kesehatan
bahkan nyawa seseorang."
Dia mengingatkan, jika petugas kesehatan di mana pun
mereka berada, yang harus diperhatikan adalah terkait pelayan terhadap
masyarakat. Menurutnya, seperti apa mereka menafsirkan atau memahami tentang
arti kata pelayanan, maka hal tersebut akan terlihat dari tindakkan mereka
ketika melakukan pelayan. Meski
pelayanan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat, namun lanjutnya tetap harus
sesuai prosedur atau SOP.
"Ramah dan sopan santun harus dijaga ketika melayani
pasien. Jangan sampai memberikan kesan yang tidak mengenakan kepada para pasien
atau masyarakat yang berobat. Karena ini (RSUD) merupakan fasilitas untuk
melayani masyarakat.
Salah satu bentuk sopan santun dan keramahan kepada
pasien, ujarnya memang cukup sederhana. Salah satunya dengan memberikan
senyuman kepada pasien agar mereka merasa nyaman. "Jangan memberi raut
muka masam. . Jangan ada yang berlagak seperti bos," tandasnya.
Pemkab Seruyan memang berkomitmen untuk mengingkatkan
pelayanan di RSUD Kuala Pembuang. yakni denga turut membantu peningkatan mutu
rumah sakit. Tentunya, pihak rumah sakit pun juga harus memperhatikan tentang
ketersediaan obat-obatan. "Karena Untuk anggaran obat pun sudah besar.
Jadi tidak alasan lagi untuk kekurangan obat," pungkasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar